Rabu, 25 Januari 2012

Keterkaitan IPTEK dengan Kemiskinan

Pada era globalisasi saat ini, tidak lagi menjadi hal yang tabu. Apabila meperbincangkan tentang IPTEK ( Ilmu Pengetahuan Teknologi ), kemajuan zaman yang sangat lekat dengan kemajuan teknologi memaksa setiap individu untuk mempelajari dan berkecimpung di dalamnya. Teknologi di ciptakan, guna mepermudah setiap aktifitas individu, hanya saja dalam menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut di imbangi dengan pengetahuannya yang di sesuaikan dengan perkembangan zaman.
Keterkaitannya dengan kemiskinan, individu yang berada pada tingkat ekonomi rendah. Menjadi salah satu permasalahan, dimana sulitnya bagi setiap individu menyesuaikan dirinya dengan kemajuan zaman terutama dalam segi teknologi. Kemungkinan untuk dapat menggunakan teknologi-teknologi menjadi sulit, karena keterbatasan biaya dari mereka untuk membayar tingginya nilai fasilitas tersebut.
Antara IPTEK dan kemiskinan masih saling berkaitan, bahwa, setiap individu memiliki hak untuk bebas mengekpresikan inspirasinya melalui teknologi. Ketidak beruntungan mereka yang membuat keterbatasan untuk membuat inovasi baru. Sesungguhnya, praktek dari IPTEK tidaklah sepenuhnya menuntut materi. Melainkan, individu-individu yang berada pada tingkat ekonomi rendah tersebut dapat mempelajari teori terlebih dahulu. Apabila suatu saat memiliki kesempatan, mereka cukup mengingat sedikit dari teori-teori yag telah di pelajarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar